BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer
bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati
pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk
mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung
matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus
berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan
penelitian.
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi
informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai
kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati
dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi
dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi
kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah komputer.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah komputer.
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Sekarang komputer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu
mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan komputer dimana saja dirumah,
dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari
komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan.
1.2 Tujuan
a) Mengetahui
pengertian komputer
b) Mengetahui
bagaimana sejarah komputer
c) Mengetahui
empat golongan pengolah data pada komputer
d) Mengetahui
penggolongan komputer berdasarkan data yang di olah
e) Mengetahui
berdasarkan pengunaannya komputer
f) Mengetahui
berdasarkan kapasitas dan ukurannya komputer
g) Mengetahui
sejarah komputer berdasarkan perkembangan software dalam berbagai Era
h) Mengetahui
beberapa alat sebelum ditemukannya komputer
i)
Mengetahui proses perkembangan
komputer
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1 Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Secara
luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan
data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU,
Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat
melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam
definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang memproses informasi" atau
"sistem pengolah informasi."
2.2 Sejarah Komputer
Sejak dahulu, proses pengolahan data telah
dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik
untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa
mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu
evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat
mekanik maupun elektronik.
Saat
ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan
dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari
sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di
kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang
menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang
menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Alat pengolah data dari
sejak zaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar :
a. Peralatan manual:
yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting
dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
Contoh;
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula
mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di
masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring
dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan
popularitasnya.
b. Peralatan Mekanik:
yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual.
digerakkan dengan tangan secara manual.
-
Pascaline
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (16231662), menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (16231662), menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Tahun
1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz
(16461716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda roda
gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar gambar yang dibuat oleh Pascal,
Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
-
Kalkulator
Mekanik (Arithometer)
Charles
Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi
aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan
pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat
melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
c. Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik.
otomatis oleh motor elektronik.
-
Mesin
Uap Differensiil
Awal
mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (17911871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika. Mesin mekanik sangat baik
dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai
alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha
Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika
ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil.
Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta
mencetak hasilnya secara otomatis
-
Analytical
Engine
Setelah
bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general purpose yang pertama, yang
disebut Analytical Engine.
d. Peralatan Elektronik:
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.
Pada
tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer
elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Dengan
mengaplikasikan kondisi benar salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk
terhubung terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di
tahun 1940.
Penggolongan komputer
berdasarkan data yang di olah, yaitu:
1) Komputer Analog
Digunakan
untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya
tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah
sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik.
2) Komputer Digital
Digunakan
untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka,
karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya
komputer PC dan lain-lain.
3) Komputer Hybrid
Merupakan
kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya: Facsimile
Berdasarkan pengunaannya komputer dibedakan menjadi 2,
yaitu:
1) Komputer Untuk Tujuan Khusus
(Special Purpose Computer)
Komputer
yang dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus yg biasanya hanya berupa
satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer
analog, dan mumnya komputer analog adalah special purpose komputer. Komputer
ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses
industri seperti pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta untuk
tujuan militer.
2) Komputer Untuk Tujuan Umum
(General Purpose Computer)
Komputer
yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan
program-program yang bermacam-macam pula. Dibandingkan dengan special-purpose
computer, kecepatannya lebih rendah. Dipakai untuk berbagai keperluan, untuk
aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan, dan sebagainya.
Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya
komputer digital adalah general purpose computer.
Berdasarkan kapasitas dan ukurannya komputer dibedakan
menjadi 6, yaitu:
1)
Tower
(menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau
dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja.
Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki
expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan
dengan berbagai perangkat tambahan.
2)
Desktop
(meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil
dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling
banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk
yang lain.
3)
Portable
(mudah dibawa-bawa) adalah komputer yang ukuran
sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagianbagiannya dapat dirangkai
menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini
ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas di lapangan, misalnya insinyur yang
bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data
dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif
besar dan berat.
4)
Notebook
(buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar
buku. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11
inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
5)
Subnotebook
adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran
komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat
yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
6)
Palmtop
adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil.
Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan
aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari
komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih
kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.
Sejarah Komputer berdasarkan
perkembangan software dalam berbagai Era:
1) Era Pioner
Bentuk
perangkat lunak pada awalnya adalah sambungansambungan kabel ke antar bagian
dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan
secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada
era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan
komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer
berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris
instruksi yang secara berurutan di proses. Contoh komputer pada era ini adalah
komputer ENIAC.
2) Era Stabil
Pada
era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh
kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /
perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat
menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi
sebuah produk. Barisbaris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh
komputer bukan lagi satusatu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan
secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan
banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini
mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses)
dengan data (yang di proses).
3) Era Mikro
Sejalan
dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak
juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di
bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan
perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk
keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke
suatu jenis kecerdasan buatan.
4) Era Modern
Saat
ini perangkat lunak sudah terdapat di manamana, tidak hanya pada sebuah
superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
2.3 Beberapa Alat Sebelum
Ditemukannya Komputer
Beberapa
peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
komputer :
a)
Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia
kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
Alat
ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan
biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu
menggunakan
abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil
dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil
dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
b)
Kalkulator Roda Numerik (Numerical Wheel Calculator)
Setelah
hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak
persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda
putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
c)
Kalkulator Roda Numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf
Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
d)
Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin
yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar,
arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi
karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa
Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu
membangun era komputasi mekanikal.
Awal
mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik
dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.
Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai
alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk
menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin
untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin
Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan
program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah
bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.
Pada
tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa
pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada
1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi
untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih
cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus
sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut
memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan sensus.
Pada
masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush
(1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan
differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan
differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.
Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang
dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
2.4 Proses Perkembangan
Komputer
Setelah tahun 1940 perkembangan
teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas 5 generasi
berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran
“big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan. 5 generasi tersebut adalah:
1) Komputer
Generasi Pertama ( 1940-1959 )
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Hal
ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan
teknik computer, seperti Colassus, Mark I, ENIAC, EDVAC, dan UNIVAC
I.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna
(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia.
Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah
perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan
lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan
IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator
tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang
kabel sepanjang 500 mil.
The
Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan
komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk
menggerakkan komponen mekanik.
Mesin
tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap
perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).
Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan
yang lebih kompleks.
Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).
Komputer
generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses
dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu
beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.
Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik dikawasan sekitarnya.
dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu
beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.
Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik dikawasan sekitarnya.
Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu
para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.
Sifat-sifatnya komputer
generasi pertama :
a) Ukurannya
besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
b) Banyak
Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
c) Prosesnya
relatif lambat
d) Memerlukan
Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
Pabrik yang memproduksi: UNIVAC,
IBM, BURROGHS, HONEYWELL
Contoh
mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC.
Ciri komputer
generasi pertama adalah :
a) Penggunaan
tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar).
b)
Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
c)
Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu
tugas tertentu.
d)
Setiap komputer memiliki program kodebiner yang
berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan
komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Beberapa komputer generasi pertama
:
a) ENIAC ( Electronic Numerical
Integrator And Calculator)
Perkembangan
komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat
dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000
resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang
sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer
ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly
(1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang
bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an,
John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania
dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang
masih dipakai dalam teknik komputer.
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data
yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang
dikemukakan oleh John Von Neuman.
b) EDVAC
Computer (
Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di
dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic
Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
Von
Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada
tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah
unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
c)
EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage
Automatic Calculator )
EDSAC (Electonic Delay Storage
Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung
untuk menyimpan data.
d)
UNIVAC
1 ( Universal Automatic Calculator )
Pada
tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan. Dan yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan. Dan yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
2)
Komputer Generasi Kedua ( 1959 -1964 )
Komputer generasi kedua ini muncul pada era
1960-an dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan
perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang
komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini
juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sistem operasi.
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat
mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer.
IBM
membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah
yang besar. Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs
di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan
komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.
Salah
satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara
luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa
bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia.
Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer).
Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
Sifat-sifatnya komputer
generasi kedua, yaitu:
a)
Ukurannya relatif kecil
b)
Tidak banyak mengeluarkan panas
c)
Telah mengenal Magnetic Tape
dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
d)
Mulai mengenal Tele Processing
(time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara
bersama-sama)
e)
Proses relatif lebih cepat
f)
Kapasitas untuk menyimpan data
semakin besar.
Pabrik
yang memproduksi : UNIVAC, IBM, BURROGHS,
HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR.
Contoh mesin: IBM
(IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super
dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5
Ciri-ciri komputer pada
generasi kedua:
a)
Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih
kecil.
b)
Adanya pengembangan memori intimagnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
c)
Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa
Asembly.
d)
Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN.
Walaupun
komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung
hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di
keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak
komponen komponen yang ada pada komputer. Pada generasi ini juga bermunculan
banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan
dan mulai berkembang industri
piranti lunak atau softwere.
3)
Komputer Generasi Ketiga ( 1964 – Awal 80an )
Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan
munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer. Karena kelebihannya
dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga
komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan
kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya. Pada bagian
software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai
dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang
ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360 adalah beberapa contoh komputer pada
generasi ini.
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan
yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated
circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen
dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Sifat-sifatnya komputer
generasi ketiga:
a)
Ukurannya lebih kecil dari
komputer generasi kedua
b)
Mulai mengenal Multi
Programming dan Multi Processing
c)
Adanya integrasi antara
Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
d)
Prosesnya sangat cepat
e)
Kapasitas untuk menyimpan data
lebih besar.
Pabrik yang memproduksi :
IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
Contoh
mesin: IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11,
HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga:
a)
Penggunaan IC (Intregrated Circuit)
b)
Ukuran komputer menjadi lebih kecil
c)
Ditemukannya Sistem Operasi.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi
(operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang
berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga
adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
4)
Komputer Generasi Keempat
Seiring dengan lajunya waktu perkembangan
komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada
generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan
ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih
besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya
telah diproduksi dan dijual secara missal. Pada periode ini berbagai IC
disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI
(Very Large Scale IC).
Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah
dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word
processing dan spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya
hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga
oleh masyarakat awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi
digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk
elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave. Melihat perkembangan dunia
komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal
hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer
pada generasi mendatang.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih
jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang
berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,
IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang
berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,
IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi
dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,
televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan
mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan
orang-orang biasa untuk
menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan
Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC
yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di
tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada diatas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas
(laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC
bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara
baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya
suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara
bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya
suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara
bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri-ciri komputer pada
generasi ke empat :
a)
Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
b)
Digunakannya mikroprosesor
5)
Komputer Generasi Kelima (Masa Depan)
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi
cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer
generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke
berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan
dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial
intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan
percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari
pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh
dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga
menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut
menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa
pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang
sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Ciri ciri komputer
generasi kelima adalah sebagai berikut :
a)
Adanya kecerdasan buatan
b)
Adanya teknologi super
konduktor
c)
Komputer generasi ini masih
dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak.
d)
Komponen elektronikanya
menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
e)
Program dibuat dalam bahasa
PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
f)
Komputer generasi kelima
difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu
sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan
tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
g)
Dua tanda tanda akan munculnya
inovasi komputer generasi kelima adalah komputer paralel yang berarti
memungkinkan banyak CPU bekerja sama atau (mengkoordinasikan CPU secara
serempak) membentuk suatu jaringan yang efisien.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan
teknologi semkain
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang
terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non
Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah
teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang
terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non
Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah
teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek
ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek
ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
a)
Komputer adalah sebagai suatu
peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja
sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi
berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi
: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap).
b)
Sejarah komputer yaitu Sejak
dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga
menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
c)
Empat golongan pengolah data
pada komputer yaitu:
-
Peralatan manual
-
Peralatan Mekanik
-
Peralatan Mekanik Elektronik
-
Peralatan Elektronik
d) Penggolongan
komputer berdasarkan data yang di olah, yaitu :
-
Komputer Analog
-
Komputer Digital
-
Komputer Hybrid
e) Berdasarkan
pengunaannya komputer dibedakan menjadi 2, yaitu :
-
Komputer Untuk Tujuan Khusus
(Special Purpose Computer)
-
Komputer Untuk Tujuan Umum
(General Purpose Computer)
f)
Berdasarkan kapasitas dan
ukurannya komputer dibedakan menjadi 6, yaitu :
-
Tower (menara)
-
Desktop (meja)
-
Portable (mudah dibawa-bawa)
-
Notebook (buku catatan)
-
Subnotebook
-
Palmtop
g)
Sejarah Komputer berdasarkan
perkembangan software dalam berbagai Era:
-
Era Pioner
-
Era Stabil
-
Era Mikro
-
Era Modern
h)
Beberapa peralatan yang telah
digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer yaitu seperti Abacus, Kalkulator Roda Numerik (Numerical Wheel Calculator), Kalkulator Roda Numerik 2, dan Kalkulator Mekanik.
komputer yaitu seperti Abacus, Kalkulator Roda Numerik (Numerical Wheel Calculator), Kalkulator Roda Numerik 2, dan Kalkulator Mekanik.
i)
Proses perkembangan komputer
adlah sebagai berikut; komputer generasi pertama, komputer generasi kedua,
komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, dan komputer generasi
kelima.
3.2 Saran
Untuk
kemajuan teknologi komputer maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan
mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia
yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan
suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya teknologi komputer
dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas
bangsa bukannya untuk menghancurkan moral moral bangsa. Kemajuan computer
dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia
sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa
depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan
system komputerisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Achmad AffandiSejarah
Komputer dan Perkembanganya.
Februari
2012.
Ali
Imron Hamzah. 2011. Makalah Sejarah
Komputer.
Februari
2012.
www.makalahkomputer.com.
2007. Penggolongan Komputer.
http://aplikomfeunlam.files.wordpress.com,
di akses 29 Februari 2012.